modular spreader bar

Spreader Bar atau Lifting Beam

Memahami Perbedaan dan Penggunaannya

Dalam dunia industri, pengangkatan beban dengan menggunakan crane seringkali memerlukan penggunaan perangkat tambahan seperti spreader bar dan lifting beam. Meskipun keduanya digunakan untuk menjaga stabilitas dan mendistribusikan bobot beban yang diangkat, terdapat perbedaan penting antara keduanya. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari perbedaan antara spreader bar dan lifting beam, serta penggunaan yang tepat untuk setiap perangkat.

Spreader Bar dan Lifting Beam memungkinkan derek tunggal untuk mengangkat beban dari beberapa lokasi, untuk menyebar beban dan memberikan keseimbangan pengangkatan. Namun, masing-masing perangkat ini memiliki sifat dan kegunaan yang sangat berbeda. Ada saat di mana satu perangkat lebih ideal dan menggunakan yang lainnya akan menjadi lebih rumit dan tidak efisien.

Spreader Bar

Spreader bar, juga dikenal sebagai spreader beam, adalah perangkat yang terdiri dari sebuah batang panjang yang berfungsi untuk menjaga jarak antara sling saat melakukan pengangkatan beban. Produk ini dirancang untuk mengubah beban angkat menjadi kekuatan kompresi pada batang dan kekuatan tarik pada sling. Hal ini membuat penggunaan material menjadi lebih efisien, sehingga perangkat ini lebih ringan, lebih mudah dalam perancangan, dan lebih murah dibandingkan dengan penggunaan lifting beam.

Spreader Bar DRI-Lift

Spreader bar sangat ideal untuk mengangkat beban yang lebar atau berat. Tujuan menggunakan produk ini agar beban dapat didistribusikan secara merata di sepanjang batang. Selain itu, juga membantu mengendalikan beban dan mengurangi risiko beban terjatuh, tergelincir, atau melengkung saat diangkat. Spreader bar juga dapat dirancang dengan dimensi tetap atau dapat disesuaikan untuk penyesuaian sudut sling dan panjang batang, sehingga dapat digunakan untuk beban yang tidak simetris.

Namun, perlu diingat bahwa perlengkapan ini memerlukan ruang / headboom crane yang lebih besar dibandingkan dengan lifting beam. Oleh karena itu, perangkat ini tidak cocok digunakan di tempat dengan ruang kepala terbatas.

Lifting Beam

Lifting beam adalah perangkat yang terdiri dari sebuah balok panjang yang digunakan untuk mengubah beban angkat menjadi momen lentur melalui balok. Produk ini dirancang untuk menahan beban di tengah balok, sehingga beban didistribusikan secara merata pada titik angkat. Keuntungan utama dari lifting beam adalah penggunaan ruang kepala yang lebih rendah dibandingkan dengan spreader bar. Hal ini membuat lifting beam sangat cocok digunakan untuk angkatan ringan, angkatan dengan jarak pendek, dan membutuhkan ruang kepala yang lebih kecil.

Gambar Lifting Beam yang memiliki beberapa lifting point. Produce by Elhifa (Brand DRI-Lift)

Produk yang satu ini memiliki desain yang sederhana. Balok horizontal digantung pada satu titik lampiran di permukaan atas yang terhubung langsung dengan kran atau hoist. Terdapat dua lugs (gantungan) di bawah balok yang dapat ditempatkan dalam posisi tetap atau variabel. Beban yang akan diangkat dilekatkan pada lugs menggunakan hook atau sling. Ketika beban diangkat, lifting beam akan sedikit membengkok di kedua ujungnya, sehingga mengalihkan tekanan pada sling di bawah balok. Lifting beam sangat ideal digunakan di tempat dengan ruang kepala terbatas, seperti di dalam bangunan atau di bawah struktur.

Perlu diingat bahwa lifting beam cenderung lebih berat dan lebih mahal dibandingkan dengan spreader bar. Hal ini disebabkan oleh penggunaan material yang lebih banyak untuk menangani momen lentur yang diberikan pada balok. Namun, lifting beam tetap menjadi pilihan yang baik untuk angkatan beban yang memerlukan stabilitas tinggi dan ruang kepala yang lebih rendah.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Spreader Bar atau Lifting Beam

Ketika memutuskan apakah akan menggunakan spreader bar atau lifting beam, terdapat beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan:

  1. Jenis Beban: Apa jenis beban yang akan diangkat? Apakah beban tersebut lebar, berat, atau tidak simetris?
  2. Cara Pengangkatan: Bagaimana beban akan diangkat? Apakah menggunakan kran, hoist, atau perangkat pengangkat lainnya?
  3. Berat dan Rentang Beban: Berapa berat beban yang akan diangkat? Berapa panjang rentang beban?
  4. Tempat Pengangkatan: Di mana beban akan diangkat? Apakah ada pembatasan ketinggian atau ruang kepala yang terbatas?

Berat dan panjang beban merupakan faktor utama yang perlu dipertimbangkan. Jika beban berat atau memiliki rentang yang lebar, maka spreader bar mungkin merupakan pilihan yang lebih baik. Namun, jika beban perlu didukung di seluruh panjangnya, termasuk di tengah beban, maka lifting beam menjadi pilihan yang lebih tepat.

Pertimbangan khusus juga perlu diberikan terhadap tempat pengangkatan. Jika ada pembatasan ketinggian atau ruang kepala yang rendah, maka lifting beam mungkin menjadi pilihan yang lebih baik. Selain itu, jika pengangkatan dilakukan dengan menggunakan kran overhead, spreader bar membutuhkan ruang kepala yang lebih besar dibandingkan dengan lifting beam.

Keuntungan lain dari Spreader Bar dalam pengangkatan adalah Spreader Bar mudah dibuat disesuaikan panjangnya (Adjustable) untuk mengakomodasi berbagai jenis pengangkatan. Karena sifat aksial beban, bentuk yang paling efisien untuk Spreader Bar adalah tabung persegi atau bulat. Hal ini kemudian menjadi mudah untuk menambahkan bagian yang akan disambungkan ke bagian lainnya. Hal ini memungkinkan adanya bagian pada Spreader Bar untuk dibagi menjadi dua atau tiga bentangan (tergantung pada jumlah bagian), memudahkan untuk penyimpanan Spreader Bar, transportasi, dan penanganan. 

Sebaliknya, merancang Lifting Beam untuk penyimpanan menjadi tantangan yang jauh lebih besar, sebagai bentuk bahan yang paling efisien adalah I-beam / H-beam. Juga, karena beban diangkat dari lokasi pusat, dan bukan dari ujung, balok harus tetap seimbang. Hal ini menjadi jauh lebih sulit untuk membuat balok angkat. Namun, dengan menambahkan beberapa poin lifting sepanjang balok, Lifting Beam dapat dibuat untuk menangani pengangkatan yang berbeda. Dan juga dapat memungkinkan untuk lebih dari 2 poin lifting yang akan digunakan untuk pengangkatan tunggal, Ini adalah salah satu keuntungan Lifting Beam dimana tidak pernah dapat dilakukan pada Spreader Bar

Perbedaan antara kedua perangkat dapat digambarkan sebagai mirip dengan perbedaan antara Jembatan Gantung dan Jembatan Kantilever. Jembatan Gantung sangat mirip dengan Spreader Bar, dengan kabel yang mendukung panjangnya, mengubah setiap beban vertikal menjadi gaya tarik pada kabel, dan gaya tekan pada menara dan dek. Jembatan Kantilever seperti mengangkat balok, di mana beban vertikal diubah menjadi momen lentur.  

Cara memilih antara Spreader Bar dan Lifting Beam.

Ketika memilih antara Spreader Bar atau Lifting Beam, pertanyaan-pertanyaan berikut dapat membantu Anda dalam memutuskan apa pilihan terbaik yang cocok digunakan untuk pengangkatan Anda: 
1. Benda apa yang Anda angkat ?
2. Bagaimana Anda mengangkatnya? Mempertimbangkan berat objek yang akan diangkat, serta di mana titik-titik lifting berada. Untuk bentang yang sangat luas atau panjang, Spreader Bar akan jauh lebih efektif.
3. Di mana Anda mengangkatnya? Jika Anda memiliki kendala tinggi yang tidak dapat dihindari, maka Lifting Beam mungkin pilihan yang lebih baik. Perlu diingat meskipun jika beban Anda sangat ringan, rentang yang lebar akan masih memerlukan Lifting Beam yang cukup lebar pula.

Spreader bar dan lifting beam adalah perangkat penting dalam industri pengangkatan beban dengan kran. Meskipun keduanya digunakan untuk menjaga stabilitas dan mendistribusikan bobot beban, terdapat perbedaan penting antara keduanya. Spreader bar mengubah beban angkat menjadi kekuatan kompresi pada batang dan kekuatan tarik pada sling, sedangkan lifting beam mengubah beban angkat menjadi momen lentur melalui balok.

Dalam memilih perangkat yang tepat, faktor-faktor seperti jenis beban, cara pengangkatan, berat dan rentang beban, serta tempat pengangkatan perlu dipertimbangkan dengan seksama. Spreader bar cocok digunakan untuk beban yang lebar atau berat, sedangkan lifting beam cocok digunakan untuk angkatan ringan, angkatan dengan jarak pendek, dan membutuhkan ruang kepala yang lebih rendah.

Dalam menerapkan spreader bar atau lifting beam, pastikan untuk mematuhi panduan keselamatan dan menggunakan perangkat yang sesuai dengan kapasitas beban. Konsultasikan dengan ahli pengangkatan beban untuk memastikan penggunaan yang aman dan efisien.

Jadi, apakah Anda siap untuk mengangkat beban dengan spreader bar atau lifting beam yang sesuai? Pilihlah perangkat yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan pengangkatan beban dilakukan dengan aman dan efisien.

Untuk info lebih detail, silahkan hubungi tim marketing Kami untuk konsultasikan kebutuhan Anda. Melalui WhatsApp disebelah kiri layar Anda, atau dengan mengirimkan email melalui Contact Us.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kebutuhhan Spreader Bar dapat mengunjungi katalog di link click sini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Powered by Elhifa
Salam Hangat,
Selamat Datang di PT. Elhifa Intiguna. Bila ada kebutuhan Lifting dan Rigging Equipment, Tim ahli Kami siap membantu. Chat Sekarang!!!