Operator

Lifting Plan atau Rencana Pengangkatan

Cek peralatan angkat dan membuiat list rencana sebelum melakukan pengangkatan ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dan harus membuat cek list pengangkatan. Lifting plan denganCrane atau keran mesin angkat adalah merupakan alat utama dalam suatu proyek konstruksi. Tanpa perencanaan dan pengawasan yang cukup, kecelakaan alat angkat bisa terjadi. Jika sesuatu ada yang salah, konsekuensinya adalah kerusakan materi (property damaged), bahkan dapat mengakibatkan kehilangan nyawa (fatality). oleh karena itu kita perlu membuat lifting plan atau perencanaan pengangkatan

Lifting Plan Check List

 Berikut adalah Hal yang perlu di cek sebelum melakukan pengangkatan adalah:

  • berat dari beban;
  • bentuk dan berat jenis dari beban;
  • perawatan dari sling da lifting gear;
  • Sistem komunikasi;
  • Radius kerja ditentukan dan ditandai; dan
  • kondisi iklim.

Pengecekan Beban

Berat – WLL dari sling dan alat angkat

Bentuk dan ukuran – titik pemasangan dan posisi sling

Jangan mengangkat beban apabila tidak mengetahui berat

Tipe material- tipe slingdan metode pemasangan.

 Jangan mengira ngira Beban dari berat

Kalkulasikan Masa dari beban

Beban dari berat dapat dkalkulasikan dari:

  • gunakan perhitungan;
  • ukur berat beban;
  • load cells (konfirmasi crane   sebelum pengangkatan);
  • bentuk dari beban;
  • jembatan timbang;
  • gambar;
  • tabel standard;

Lifting Plan sebelum pengangkatan

Lifting plan atau perencanaan alat angkat seharusnya dibuat sebelum dilakukan pekerjaan lifting atau pengangkatan yang menggunakan alat berat seperti Truck Mounted Crane, Gantry Crane, Mobile Crane, Tower Crane dan Crawler Crane, dll (dalam contoh kasus disini saya akan ambil penggunaan crane jenis mobile crane ya).

Sebelum membuat lifting plan, ada beberapa data penting yang perlu kita siapkan yaitu :

  1. dimensi dan berat beban yang akan diangkat
  2. jenis dan kapasitas crane yang akan digunakan
  3. load chart  dari crane yang akan digunakan untuk mengetahui kapasitas angkat crane optimum pada derajat boom,panjang boom yang akan digunakan (working radius), panjang outrigger dan jarak as ke as antar crane dan beban yang akan diangkat).
  4. alat bantu angkat (lifting gear) apa saja yang akan digunakan
  5. hasil inspeksi crane dan lifting gear (untuk crane dapat dilakukan inspeksi visual,load test (untuk testing ada nya kebocoran pada hydraulic system atau tidak, ada keretakan atau kerusakan pada hook dan wire sling atau tidak, dll (mungkin nanti akan dijelaskan di page berbeda mengenai crane inspection ya teman2 hehe) jika lifting gear seperti chain block, level block, wire rope dapat dilakukan metode inspeksi NDT seperti Penetrant Test atau Magnetic Particle Inspection (MPI) untuk mengetahui ada cacat atau keretakan atau tidak.
  6.  Lokasi pengangkatan (area yang lapang atau kah ada existing facility di area tersebut)
  7.  total beban dari lifting gear yang akan digunakan
  8.  panjang webbing / wire sling yang akan digunakan

Setelah data – data tersebut di dapatkan, selanjutnya akan dilakukan pengolahan data untuk menentukan panjang boom yang akan digunakan, dan berat beban yang boleh di gunakan lewat load chart :

Jika kita mengambil contoh untuk mengangkat beban misal container atau porta cabin) dengan berat total maksimum 5 ton, kemudian kita akan menggambar nya pada program autocad untuk lebih jelasnya seperti dibawah :

Dari program autocad tersebut, kita juga bias mendapat kan berapa derajat kemiringan dari boom atau boom angle dari crane yang akan dilakukan dalam proses pekerjaan pengangkatan tersebut. Tidak hanya boom angle saja, tapi kita bias juga mendapat berapa jarak yang aman antara crane dan mobil pengangkut yang digunakan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai peraturan peralatan angkat dapat menghubungi lewat ink click sini! dan saudara/i dapat melihat juga video seputar rigging dan lifting click disini

Open chat
1
Powered by Elhifa
Salam Hangat,
Selamat Datang di PT. Elhifa Intiguna. Bila ada kebutuhan Lifting dan Rigging Equipment, Tim ahli Kami siap membantu. Chat Sekarang!!!